PT Angkasa Pura II Fasilitasi Self Check-In Mandiri Penumpang Bandara Internasional Soekarno - Hatta

JAKARTA - Para pengguna jasa yang hanya membawa bagasi di dalam kabin di Terminal 1C, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai hari Jumat (10/11/2017) tidak perlu lagi mengantre untuk check-in. Penumpang dapat menggunakan fasilitas baru yang telah disediakan PT Angkasa Pura II (Persero). Fasilitas modern tersebut adalah self check-in mandiri. Terdapat 12 unit self check in mandiri telah dipasang untuk penumpang rute domestik Batik Air dan Citilink.

Executif General Manager, Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan mengatakan, self check-in kios ini merupakan salah satu upaya PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. “Kami optimistis fasilitas baru ini akan mengurangi antrean di check-in counter yang juga berdampak kepada semakin mudah dan cepatnya proses keberangkatan bagi penumpang sehingga dapat berdampak juga pada on time performance bandara maupun maskapai,” kata Wakan dalam siaran tertulis Jumat (10/11/2017).

"Proses check-in mandiri diawali dengan mendatangi self check-in counter yang telah tersedia. Ketika berada di self check-in mandiri tersebut, PT Angkasa Pura II telah mempersiapkan petugas customer service di area itu untuk membimbing penumpang dalam menggunakan mesin self check-in",ucap Executif General Manager M Suriawan Wakan

Adapun menu dalam self check-in kiosk ini penumpang diminta memilih maskapai, Batik Air atau Citilink. Setelah itu akan tampil menu pilih Bahasa. Kemudian muncul tombol check-in. Penumpang lalu diminta memasukan nama akhiran atau nama belakang. Pengguna jasa lalu memasukan kode boking hingga nama penumpang muncul dan terakhir tekan tombol cetak atau print. Setelah boarding pass didapat, penumpang tidak perlu lagi masuk ke dalam antrean security check point (SCP 1) atau pemeriksaan X-ray yang ada di ruang keberangkatan.

Pengguna jasa dapat langsung ke anjungan atau ke Shopping Arcade yang yang berada di sebelah kanan. Pengguna jasa dapat menaiki tangga pada anjungan atau dapat juga menggunakan eskalator. Penumpang kemudian masuk untuk diperiksa di security check point (SCP 1). Setelah melintasi pemeriksaan awal, jika jadwal flight masih panjang, penumpang bisa bersantai di area Shopping Arcade. Karena terdapat sejumlah restoran dan retail di sana. Kemudian penumpang melakukan pemeriksaan X-ray kedua dan kemudian menunggu di boarding lounge