Longsor Akibat Luapan Turap Kali Penghubung Bintaro Meyebabkan 4 Bangunan Rusak

BINTARO - Longsor yang telah terjadi Turap Kali Penghubung Bintaro yang mengakibatkan rusaknya 4 bangunan rumah yg berada di pinggiran kali di Jalan Bintaro Taman Utara Rt:011/11 Kel: Bintaro/Kec: Pesanggrahan terjadi hari Minggu (13/11/2017) sekitar pukul 02.00 Wib.

Terjadinya longsor tersebut berawal dari lebatnya curah hujan yg terjadi pada Minggu sore hingga malam hari sehingga menyebabkan derasnya aliran kali yg mengkikis bagian bawah turap dengan kondisi tanah yang labil serta beban bangunan permanen diatas turap tersebut, kejadian serupa pernah terjadi di TKP yang sama, dan Pemda sampai saat ini belum adanya tindakan untuk memperbaiki, di karenakan TKP merupakan lahan milik PT.KAI ,dan bangunan yang berada di sisi Rel dan kali tersebut adalah termasuk bangunan bangunan liar sehingga perlu dilakukan koordinasi instansi terkait dengan PT KAI karena dilokasi masih banyak bangunan liar permanen yang tidak menutup kemungkinan masih rawan longsor kembali agar tidak timbul korban.

Adapun ke 4 bangunan yang rusak,bangunan Bengkel milik Bpk Tejo yang ditempati Bpk Tohidin bangunan milik Bpk Purwanto , ditempati Bpk Bpk Sunar,bangunan milik Ibu MARNI ,yang ditempati Bpk Aang,bangunan milik Bpk Ustd.Baharudin yang ditempati Bpk Tardi. Adpun saksi di tempat kejadian Bpk Dadang mengatakan bahwa pada hari Minggu tanggal 12 Nov 2017 sekitar jam 16.00 wib hujan turun sangat lebat hingga malam sehingga kali penghubung Bintaro meluap. Sekitar jam 02.15 wib Turap Kali Penghubung longsor sehingga bangunan yang ada diturap kali tersebut ikut terbawa longsor. Akibat longsor tersebut 4 bangunan rusak